Kamis, 13 Oktober 2011

Tips Sederhana Manajemen Hutang

Hutang.. Siapa sich yang tidak punya hutang di zaman yang serba modern ini, dimana sistem pembayaran sekarang memudahkan orang utk berhutang.. Hutang bisa seperti pisau bermata dua, maka pandai pandahilah menggunakannya, kalau tidak pandai jangan berhutang, berbahaya, oleh karena itulah hutang pun harus bisa di atur dan di manajemen dgn baik agar tidak semakin menjerat hidup kita. Mengatur atau memanajemen hutang tidak hanya bisa dilakukan oleh para ahli. Anda sebenarnya bisa melakukannya sendiri jika Anda benar-benar ingin mengatur dana pinjaman dan masa depan keuangan. Jika Anda siap melakukannya, tanpa saran dari ahli keuangan pun Anda bisa mengurangi hutang buruk, dan yang lebih penting adalah, Anda tak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk membayar ahli keuangan :)
Anda tidak percaya?
Coba dahulu langkah berikut untuk mengurangi bahkan menghapuskan hutang Anda. Anda akan tahu bahwa langkah-langkah berikut sebenarnya cukup sederhana, tapi semua tergantung bagaimana Anda menerapkannya. Anda bahkan tak perlu punya gelar sarjana dalam bidang ekonomi atau bisnis untuk memahaminya!
Berikut langkah-langkahnya:
1.  Buat rencana keuangan
Jika Anda memiliki rencana yang jelas tentang bagaimana Anda akan menggunakan atau membelanjakan uang, maka Anda akan bisa meminimalisasi pengeluaran yang tidak perlu. Pada awalnya memang sulit untuk dilakukan, tapi jika Anda terus menerus melakukannya, maka Anda akan terbiasa.
2.  Sisihkan income / pemasukan untuk pelunasan hutang
Jika Anda mendapat pemasukan secara bulanan, maka menyisakan uang Anda untuk pelunasan hutang adalah langkah yang baik. Dengan demikian, akan ada keterpaksaan agar Anda melunasi hutang. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk memastikan bahwa Anda tak bisa menyentuh uang tersebut, karena Anda uang tersebut sudah Anda rencanakan untuk keperluan lain.
3.  Menabung
Coba potong pengeluaran. Anda bisa melakukannya dengan menghemat energi, seperti listrik dan air. Jika memungkinkan, potonglah pengeluaran untuk hal-hal yang bisa Anda lakukan sendiri. Misalnya saja untuk laundry, perawatan taman / kebun, perbaikan pipa, dll.
4.  Prioritaskan hutang dengan bunga tertinggi
Jika Anda punya banyak hutang, bayarlah hutang yang bunganya paling tinggi terlebih dahulu. Dengan demikian, maka Anda akan terhindar dari bunga hutang yang nilainya juga akan makin tinggi. Anda juga akan dapat menyisihkan uang untuk membayar hutang yang lain (yang bunganya lebih rendah). 
5.  Bayar lebih banyak
Jangan hanya membayar cicilan hutang sesuai jumlah yang diminta. Jika Anda punya uang, bayar lebih banyak. Dengan demikian, maka kekhawatiran Anda akan berkurang, dan akan ada keringanan beban dalam pelunasan hutang Anda yang berikutnya.
6.  Bersedekah dengan harta yang paling dicintai.
Kebaikan buat penghutang adalah terbayar hutangnya.Nah, para penghutang digaransi Allah tidak akan mencapai kebaikan itu dengan sempurna dan mudah kecuali mereka mau mengorbankan harta yang mereka cintai. Dasar ayatnya QS. 3 :92.
7.  Menolong saudara yang sedang kesusahan, cari dulu orang yang berhutang untuk dibantu bebaskan hutangnya.
Memang nampak seperti hil yang mustahal ya, kita aja butuh bantuan masak disuruh bantu saudara yang punya hutang. Tapi.. Allah pasti selalu berkenan membantu hamba-Nya, selama hamba-Nya berkenan membantu saudara-Nya.
8.  Perbanyaklah sedekah dikala justru sedang sulit, sebagai wujud sebuah pengorbanan.
Dasar ayatnya QS. 65:7. ….mereka yang sedang disempitkan rizkinya, hendaklah banyak menginfakkan hartanya yang diberikan Allah. Hal ini pun nampak mustahil, tapi apabila dipraktikkan, rasanya kita menjadi orang yang paling kaya di dunia. Hmm, sesuatu yang aneh memenuhi dada, sebuah rasa syukur karena kita merasa kaya.
9.  Lakukan sedekah dengan ikhlas dan jangan hapus dengan dosa-dosa.
Dasar ayatnya, QS. 2: 64.... Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian, maka perumpamaan orang itu seperti batu licin yang di atasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat lalu menjadilah dia bersih (tidak bertanah).Mereka tidak menguasai sesuatupun dari apa yang mereka usahakan….
10.     Perbanyak Doa
Doa Agar terbebas dari Hutang
RIWAYAT PERTAMA
Rasulullah saw. Bersabda  kepada Mu’adz bin Jabal, “Wahai Mu’adz, ketahuilah aku akan mengajarkan kepadamu sebuah doa yang dapat engkau berdoa dengannya, yang bilamana engkau mempunyai tanggungan hutang seperti gunung, maka Allah swt akan membayarkan semua hutang-hutangmu. Bacalah doa ini wahai Mu’adz:

Allaahumma maalikul mulki tu’til mulka mantasyaa-u wa tanzi-‘ul mulka mimmantasyaa-u, wa tu-‘izzu mantasyaa-u watudzillu mantasyaa-u, biyadikal khairu, innaka’alaa kulli syai-in qadiir. Tuulijullaila finnahaari wa hayya minal mayyiti wa tukhrijul mayyita minal hayyi wa tarzuqu mantasyaa-u bighairi hisaab. Rahmaanaddunyaa wal aakhirati warahiimahumaa. Tu’thii mantasyaa-u wa tamna’u mantasyaa-u, irhamnii rahmatan tughninii bihaa’arrahmati mansiwaak.

“Ya Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan Engkau beri rezeki siapa yang Engkau kehendaki tanpa batas. Engkau Maha Pengasih lagi Maha Penyayang di dunia dan di akhirat, Engkau beri karunia siapapun yang Engkau kehendaki, dan Engkau juga tidak memberikannya kepada siapapun yang Engkau kehendaki. Berikanlah rahmat untuk diriku sehingga aku tidak mengharapkan lagi rahmat dan kasih saying dari siapapun selain Engkau”.(HR.Thabrani dari Mu’adz ra.)

RIWAYAT KEDUA
Nabi saw bersabda, “Maukah engkau, aku ajari kalimat-kalimat yang jika dibaca ketika hutangmu menumpuk seperti gunung sekalipun, maka Allah swt akan melunaskannya. Ucapkanlah:

Allaahummakfinii bihalaalika ‘an haraamika wa aghninii bifadhlika ‘amman siwaak

“Ya Allah, cukupkan diriku dengan yang halal dari-Mu dan bukan dengan yang haram dari-Mu. Cukupkan aku dengan karunia-Mu sehingga aku tidak butuh lagi kepada siapapun selain Engkau”.(HR.Ahmad, At-Tirmidzi dan Al-Hakim dari ‘Ali bin Abi Thalib ra.)
Dan juga ucapkanlah:

Allaahumma rabbassamaawaatissab’I warabbal’arsyil’azhiim, rabbanaa warabba kulli syai’im munzilattauraati  wal injiili wal Quraani faaliqalhabbi wannawaa, a’uudzubika min syarri kulli syai’in anta aakhidzum binaashiyatihi, antal awwalu falaisa qablaka syai-uwwa antal aakhiru falaisa ba’daka syai-un, wa-antazhzhaahiru falaisa fauqaka syai-uwwa antal baathinu falaisa duunaka syai-un, iqdhi ‘anniddaina wa aghninii minal faqri.

“Ya Allah, Tuhan langit yang ketujuh, Tuhan ‘Arsy yang agung. Tuhan kami, Tuhan segala sesuatu, Yang menurunkan Taurat, Injil dan Al-Quran; Yang memecahkan biji-bijian dan bibit tetumbuhan. Aku berlindung kepada-Mu dari segala sesuatu yang Engkau pegang ubun-ubunnya. Engkaulah Yang Maha Awal, tiada sesuatupun sebelum-Mu; Engkaulah Yang Maha Akhir, tiada sesuatupun setelah-Mu; Engkaulah Yang Maha Zhahir, tiada sesuatupun yang lebih nyata dari-Mu; Engkaulah Yang Maha Batin, tiada sesuatupun yang lebih tersembunyi dari-Mu. Bayarkan hutangku, dan kayakan aku dari kemiskinan.”(HR.At-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ibnu Hibban dari Abu Hurairah ra.)

RIWAYAT KETIGA
Dari Abu Sa’id al-Khuduri ra, diriwayatkan bahwa pada suatu hari Rasulullah saw memasuki masjid. Tiba-tiba ada seorang lelaki yang bernama Abu Umamah duduk didalamnya. Rasulullah saw bertanya kepadanya, “Wahai Abu Umamah, mengapa aku melihatmu duduk di masjid pada waktu-waktu di luar shalat?’ Abu Umamah menjawab, ‘Aku sedang dilanda kesusahan dan dililit hutang-hutang wahai Rasulullah’. Rasulullah saw kemudian bersabda kepadanya, “Ketahuilah aku akan mengajarkan kepadamu ucapan yang apabila engkau mengucapkannya, maka Allah swt akan menyingkirkan kesusahan dan membayarkan hutang-hutangmu. Ucapkanlah pada pagi dan sore hari:

Allaahumma innii a’uudzubika minal hammi wal hazani, wa a-‘uudzubika minal ‘ajzi wal kasali, wa a’uudzubika minal jubni wal bukhli, wa a-‘uudzubika min ghalabatiddaini wa qahrirrijaal.

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesusahan dan kesedihan; dan aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan; dan aku berlindung kepada-Mu dari kepengecutan dan kekikiran; dan aku berlindung kepada-Mu dari lilitan hutang dan paksaan orang-orang”.
Lalu Abu Umamah berkata, ‘Aku mengamalkan doa itu, maka Allah swt menyingkirkan segala kesusahan dan kesedihanku, serta melunaskan hutang-hutangku’. (HR.Abu Dawud dari Abu Sa’id ra.)

RIWAYAT KEEMPAT
Aisyah ra berkata, Ali dan abu Bakar menemui Rasulullah saw. Lalu kudengarkan doa Rasulullah saw yang pernah beliau ajarkan kepadaku, yaitu doa yang pernah diajarkan ‘Isa bin Maryam as kepada para sahabatnya. Beliau bersabda, “Kalau ada seseorang yang memiliki hutang sebesar gunung emas, lalu berdoa kepada Allah dengan doa tersebut, maka Allah akan melunaskan hutang-hutangnya:

Allaahumma faarijal hammi wa kaasyifal ghammi wa mujiiba da’watil mudh tharriina rahmaanaddunyaa wal aakhirati wa rahiimahumaa, anta tarhamanii farhamnii birahmatin tughninii bihaa ‘arrahmati mansiwak.

“Ya Allah, yang menyingkirkan kesusahan, yang menghilangkan kesedihan, yang mengabulkan doa orang-orang yang terdesak, Engkau Maha Pengasih lagi Maha Penyayang di dunia dan akhirat, Engkau yang memberikan rahmat kepadaku. Berikanlah rahmat itu kepadaku agar aku tidak memerlukan (mengharapkan) rahmat kepada siapapun selain Engkau”.
Abu Bakar ra berkata, ‘Aku berdoa kepada Allah swt dengan doa itu, tidak lama kemudian Allah swt menganugerahkan kepadaku suatu keuntungan yang sangat besar untuk melunaskan hutang-hutangku.

Bagi Anda yang ingin terbebas dari hutang, selamat mencoba..  
dari berbagai sumber

1 komentar: