Jumat, 15 Juli 2016

Trend ??

Batu akik, sumber: google
Apa kabar?? Semoga dalam keadaan luar biasa baik dalam menghadapi tantangan hari ini. Sedikit terlintas ide utk menulis tentang trend yg ada di masyarakat kita. Ini menurut kacamata saya ( walau saya sendiri tidak memakai kacamata), tentang hal yg baru2 ini, yaaa sudah bukan barang baru sich, malah cenderung agak basi mungkin, mengenai trend batu akik, dimana hampir setiap orang, tua muda hampir dipastikan atau setidaknya tahu kalau saat itu sedang booming batu akik. Berawal dari souvenir presiden Indonesia utk presiden Amerika saat itu berupa batu bacan, hingga akhirnya harga batu bacan melejit naik di luar logika dan akhirnya mendorong bermunculannya batu2 akik yg lain. Ok! Itu Cuma pembukaan, saya gak akan membahas tentang batu akik, tidak!
Menurut saya, apa yang berkembang dimasyarakat dan akhirnya booming menjadi trend ada dua hal, pertama yg ada didunia nyata dan apa yang ada di dunia maya, walau keduanya pada akhirnya akan berkaitan satu sama lainnya. Didunia nyata, saya coba membentang ingatan tidak seberapa jauuuh kebelakang, sekitar th 90an, yang saya lihat waktu itu banyak bermunculan, kelompok2 penggemar kendaraan bermotor, diawali dengan sangat terbatas dan spesifik pada motor atau mobil tua, antic, motor gede, vespa, sampai akhirnya berkembang dan bermunculan kelompok2 penggemar kendaraan bermotor dengan merk keluaran terbaru. Kegiatan mereka antara lain berupa event yang diselenggarakan di kota berbeda yang “mengharuskan” anggotanya saling mengunjungi sehingga terjadilah, mobilisasi anggota perkumpulan tsb terutama motor, dari berbagai pelosok daerah ke satu kota tujuan event, touring! Mereka melakukan perjalanan luar kota dengan berkelompok. Nah, ini berimbas kepada trend selanjutnya, yg saya liat dan masih hangat akhir2 ini, yaitu mudik lebaran, yang akhir2 ini banyak dipadati oleh pengendara kendaraan pribadi, terutama motor. Menurut saya lagi, diawali dari trend perkumpulan kendaraan bermotor, trend touring antar kota, disamping hal2 lain seperti kemudahan kepemilikan kendaraan bermotor dengan system kredit dan yg lainnya.
Selanjutnya Melompat ke 3-5 tahun belakangan ini, masih didunia nyata dan sudah sedikit dibicarakan atas, trend batu akik. Diakui atau tidak, trend ini sangat booming, dari orang tua sampai anak2, pengusaha, karyawan sampai pengangguran, bahkan yg bisa melihat sebagai peluang dan bisa memanfaatnya, bermunculanlah gerai2 asah batu akik, hamper disetiap sudut ada.  Dari batu bacan yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah, sampai batu akik kelas puluhan ribu rupiah.
Selanjutnya, setelah batu akik agak mengendur, sekarang muncul trend baru yang mulai menggeliat dan booming walau saya liat tidak sebooming batu akik, yaitu memelihara burung. Bisa dilihat di hamper setiap rumah pemukiman penduduk, biasanya ada sangkat burung tergantung didepan teras untuk rame2 rumahnya dengan kicauan burung, bahkan ada yg bersemangat membuat tiang tinggi menjulang, yaa mungkin kisaran sekitar 7m, utk sekedar menggantung burung peliharaannya. Level berikutnya dari memelihara burung adalah mengikuti lomba kicau burung. Seperti halnya batu akik, memelihara burung pun sebenarnya bukan barang baru, yang sudah dilakukan oleh orang terdahulu bahkan leluhur kita seperti memelihara burung perkutut. Tren ini msh hangat terlihat dengan menjamurnya kios2 burung yang menyediakan berbagai keperluan utk memelihara burung, dari sangkar, pakan, obat2an, vitamin dan lainya, para penggemar burung tidak segan2 mengeluarkan kocek utk bisa menikmati suara alunan kicauan burung, yg menurut mereka merdu dan setimpal dengan uang yg dikeluarkannya. Seperti halnya batu akik, trend ini, menurut saya pun akan surut, dan berganti dengan trend lainnya. Mungkin para penggemar burung perlu tantangan lebih, dan beralih keayam pelung misalnya, sama2 dinikmati alunan suaranya, atau mungkin trend lainnya, kita lihat saja nanti.
Selanjutnya trend di dunia maya, apalagi kalau bukan social media, yaa, facebook terutama, yang sangat menggurita tidak hanya di nusantara tapi kesemua penjuru dunia. Sosial media, menurut saya, sudah mulai hangat di era 2000an, dengan Friendster nya, dan itu sangat terbatas pada pelajar mahasiswa, yg saat itu mempunya akses internet. Yaaa, internet.. semua diawali dari internet, saat itu aksesnya sangat terbatas, dan ini menciptakan peluang baru, warnet! Pada saat itu warnet sangat menjamur, terutama di lingkungan kampus dan sekolah, sehingga sosmed saat itu hanya terbatas pada pelajar dan mahasiswa. Sampai akhirnya muncul lah facebook, ditambah dengan kemudahan mendapat akses internet terutama dari perkembangan teknologi gadget yg sangat cepat. Menyusul twitter, instagram, path dan banyak lagi. Semua orang sepertinya telah terhubung dengan social media via internet.
Game online juga booming, tapi menurut saya ada pergeseran, apabila sebelumnya dimainkan menggunakan pc, sekarang cenderung banyak dimainkan melalui gadget smartphone karena itu tadi perkembangan tehnologi yg sangat cepat dan mendukung game online dimainkan dalam genggaman. Apabila dulu warnet ramai dengan mereka yg memainkan Counter strike, sekarang banyak yg asik dengan gadget masing2 memainkan COC atau pokemon Go yg sedang hangat saat ini.
Itu mungkin yang saya lihat, dan coba saya sampaika, sekali lagi ini menurut kacamata saya, yg tidak berkacamata, saya yakin masih banyak hal lain yg lebih booming dari yg saya sampaikan diatas yg mungkin luput dari pengamatan saya, terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar